Go

8 Cara Mengucapkan Selamat di dalam Bahasa Inggris

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 20th at 10:39am
Share :

Mengucapkan selamat atas keberhasilan orang lain, teman, sahabat, saudara, keluarga, tetangga, dan lain sebagainya merupakan bagian yang penting di dalam kehidupan kita. Di dalam bahasa Indonesia mungkin lebih banyak menggunakan kata selamat...semoga..., misalnya “selamat ulang tahun, semoga panjang umur” “selamat atas pernikahan kalian, semoga menjadi keluarga yang samara”, dan lain sebagainya. Bahasa Inggris setidaknya memiliki 8 cara untuk mengungkapkan selamat.

  1. Congratulations

Congratulations digunakan untuk mengungkapkan suatu keberhasilan, berita menggembirakan, kelulusan. Orang yang memberi selamat disebut dengan congratulant. Congratulations selalu dalam bentuk plural ketika digunakan untuk memberi selamat. Congratulations! You have just won this game! Congratulations on your engagement!

  1. Felicitations!

Jika sahabat tengah berada di kerumunan orang dan berdiri di antara mereka, kemudian ingin memberi selamat kepada seseorang, misalnya pemain bulutangkis Indonesia yang memperoleh emas di Olimpiade, sahabat bisa berteriak felicitations!

  1. Hip, hip, hurrah!

Hip, hip, hurrah jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, mungkin semakna dengan kata “hidup, horas!” ungkapan ini digunakan dengan cara berteriak, umunya beberapa orang bersama-sama.

  1. Three cheers!

Three cheers umumnya diikuti for dan nama orang yang diberi selamat, misalnya three cheers for Butet!

  1. Kudos!

Kudos biasanya lebih ke kebanggan dan kehormatan karena telah berprestasi. Jadi kita bisa menggunakannya untuk memberi selamat kepada orang lain, kudos!

  1. Props!

Props adalah ungkapan memberi dukungan, biasanya karena sebuah pilihan karena diminta untuk memberi penghargaan. Props merupakan slang dimana bentuk asalnya adalah dari kata proper.

  1. Hats off!

Hats off umumnya diucapkan ketika lulus wisuda dengan cara melepas penutup kepala dan diterbangkan ke atas.

  1. Mazel tov!

Mazel tov mempunyai makna yang sepadan dengan good luck. Bedanya adalah good luck diucapkan sebelum pertandingan atau perlombaan, sedangkan mazel tov diucapkan selama pertandingan tengah berlangsung.

Artikel Lainnya

Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif, Paragraf Deduktif-Induktif, dan Paragraf Tersebar
Look, See, dan Watch
By
Adverb
Listen Up, Get up, Give up: Mengenal Beberapa Phrasal Verb Menggunakan "up"
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi