Go

Past Continuous Tense

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 29 Sep 16 05:04 UTC
Share :

1.Pengertian

Past continuous tense adalah tense yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu kejadian yang sedang dilakukan pada saat lampau, misalnya “Kemarin pagi, saya sedang bermain sepakbola.” maka kita menggunakan past continuous tense; “I was playing football yesterday morning.”

2. Penggunaan

a. Menjelaskan aktivitas yang panjang durasinya

Ketika terdapat dua kejadian di masa lampau, simple past tense umumnya digunakan untuk menggambarkan suatu kejadian yang terjadi di masa lampau yang terjadi dengan cepat. Sedangkan past continuous tense digunakan untuk kejadian yang durasinya lebih panjang, contoh:

“I was watching TV when you telephoned.”

“I was watching TV when you were telephoning.”

[“Saya sedang menonton tv ketika kamu menelepon.”]

Kalimat tersebut menggambarkan bahwa aktivitas menonton TV sudah dan sedang berlangsung sebelum aktivitas menelepon terjadi, namun mengapa bukan “I was watching TV when you were telephoning?” Hal tersebut karena menonton televisi memiliki periode yang lebih lama sehingga menggunakan past continuous tense sedangkan menelepon menggunakan simple past tense karena berdurasi lebih pendek.

b. Sebagai latar belakang awal pada suatu cerita atau novel

Past continuous tense biasanya digunakan di awal-awal kalimat di dalam sebuah cerita untuk menggambarkan pendahuluan. Biasanya, setelah diawali dengan past continuous tense, kemudian dilanjutkan dengan simple past tense, contoh "James Bond was driving through town. It was raining. The wind was blowing hard. Nobody was walking in the streets. Suddenly, Bond saw the killer in a telephone box..."

3. Pola kalimat

Selain itu, umumnya past continuous tense menggunakan when atau while karena umumnya past continuous tense digunakan pada dua aktivitas yang terjadi hampir bersamaan di masa lampau dimana satu aktivitas terjadi ketika aktivitas laing sedang terjadi.

4. Bentuk kata kerja

Kata kerja yang digunakan adalah was/were + verb ing, misalnya: was studying, were studying, was eating, were eating. Beberapa kata kerja mungkin mengalami perubahan bunyi:

5. Keterangan waktu

Keterangan waktu yang digunakan adalah sama dengan past tense, Keterangan waktu yang sering digunakan adalah last, yesterday, dan ago.

  1. Last berhubungan dengan minggu, bulan, tahun, musim, misalnya last week (minggu lalu), last year (tahun lalu), last winter (musim dingin yang lalu).

  2. Ago berhubungan dengan jumlah menit, jam, hari bulan tahun, misalnya two days ago, two years ago, dan lain-lain

  3. Yesterday berhubungan dengan morning, afternoon, dan evening, misalnya yesterday evening, yesterday morning.

6. Catatan penting

Beberapa kata kerja tidak bisa ditambahi -ing, misalnya want. Lebih lengkapnya silakan perhatikan tabel di bawah ini:

Contoh:

a. I was wanting you [salah]

b. I wanted you [benar dan memiliki bentuk simple past tense]

c. I was needing you [salah]

d. I needed you [benar dan memiliki bentuk simple past tense]

Artikel Lainnya

Because, Because of, Cause, Cos
Article (the, a, an)
Perbedaan Antara Linking Verb dan Auxiliary Verb
Perbedaan Yet dan But dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Cara Membaca Nama Jalan dan Nomor Telepon dalam Bahasa Inggris UK dan USA
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi