Go

Quiet atau Quite?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 04 Oct 16 03:25 UTC
Share :

Quiet dan quite adalah dua kata yang hampir sama penulisan dan bunyinya, tetapi mereka memiliki sedikit perbedaan dalam pengucapan, yaitu Quiet dibaca /kwaɪət/ dan quite dibaca /kwaɪt/. Dari situ sahabat bisa mengetahui ada perbedaan bunyi ə. Jika sahabat tidak tau simbol ə, sahabat bisa menemukan bunyi ə pada kata m(ə)ngapa di dalam bahasa Indonesia.

1. Quiet

Quiet adalah kata sifat (adjective) yang memiliki arti tenang atau sedikit suara. Salah satu ciri kata sifat adalah dia terletak sebelum kata benda, bisa diawali very, dan diawali to be jika dia berfungsi sebagai pelengkap kalimat. Untuk lebih jelasnya sahabat bisa lihat penjelasanya pada contoh kalimat di bawah ini:

a. The children are not very quiet. (quiet terletak setelah very)

b. It’s a quiet and peaceful city. (quiet terletak setelah is)

c. I love a quiet evening at home. (quiet terletak sebelum evening)

Sinonim dari quiet adalah peaceful, silent, tranquil, calm, faint, inaudible,

2. Quite

Quite adalah kata keterangan (adverb) yang memiliki arti “agak”. Salah satu ciri adverb yang paling mudah adalah dia terletak sebelum kata sifat. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa lihat penjelasanya pada contoh kalimat di bawah ini:

a. I am quite tired

b. It was quite difficult job

c. She was quite busy

Dengan demikian, karena quiet adalah adjective dan quite adalah adverb maka kita bisa menggunakan dua kata tersebut berurutan dimana quite mendahului quiet, contoh: The village is quite quiet (desa tersebut agak tenang). Meskipun kita jarang menemui pola seperti ini, cara tersebut bisa digunakan untuk menghapal perbedaan antara quiet-tenang-adjective dan quite-agak-adverb dimana adverb mendahului adjective.

Artikel Lainnya

Apa Perbedaan Auxiliary dan Modal?
Within
Had Better
Adverb
Perbedaan Return, Come Back, Go Back, Get Back, dan Turn Back
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi