Go

Auxiliary Verb

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 07 Oct 16 05:16 UTC
Share :

Auxiliary verb di dalam kamus cambridge diartikan sebagai “a verb that gives grammatical information that is not given by the main verb of a sentence”. Kita bisa artikan bahwa auxiliary verb adalah kata kerja yang memberikan informasi gramatikal yang tidak diberikan oleh kata kerja utama. Dengan kata lain, auxiliary verb tidak memiliki makna literal, dia hanya memberi penanda atau memberi informasi dari suatu kalimat, contoh:

a. I have read a book [saya telah membaca sebuah buku]

b.I do not play badminton today [saya tidak bermain badminton hari ini]

c.I was watching tv yesterday evening [saya sedang menonton tv sore kemarin]

Dari kalimat di atas, auxiliary verb pada ketiga kalimat tersebut adalah “have” “do” dan “was”. Ketiga auxiliary tersebut, have , do, dan was secara literal tidak memiliki arti. Akan tetapi, ia menandai kalimat atau memberi informasi tambahan, misalnya pada kalimat (a) auxiliary have yang diikuti kata kerja bentuk ke tiga pada kalimat tersebut adalah memberi informasi kepada kita bahwa aktivitas membaca tersebut telah dilakukan (b) do yang berpasangan dengan not memberi informasi pada kita bahwa terjadi suatu negasi dari perbuatan, pada hal ini tidak bermain badminton, dan pada © was memberi informasi pada kita atau dengan kata lain “was” yang diikuti kata kerja verb “ing” sebagai penanda bahwa suatu aktivitas sedang terjadi di masa lampau, pada hal ini subjek kalimat sedang melakukan menonton tv pada sore hari kemarin. Auxiliary verb dalam bahasa Inggris terdiri dari:

Hal yang perlu diingat adalah auxiliary verb selalu berpasangan dengan kata kerja lain. Sehingga ketika berdiri sendiri maka dia adalah kata kerja sendiri, entah sebagai kata kerja utama atau sebagai kata kerja penghubung. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini

a. She is playing badminton

b. She is a badminton player

Is pada kalimat (a) adalah auxiliary karena berpasangan dengan kata kerja playing. Sedangkan is pada kalimat (b) merupakan kata kerja penghubung atau linking verb karena berdiri sendiri tanpa diikuti kata kerja yang lain.

a. I did not finish the homework [saya tidak menyelesaikan PR]

b. I did the homework [saya mengerjakan PR]

Did pada kalimat (a) adalah auxiliary verb karena diikuti kata kerja finish, sedangkan (b) adalah kata kerja utama karena tidak berpasangan dengan kata kerja lain. Kalimat (b) jika di rubah ke dalam kalimat negatif maka akan menjadi

c. I did not do the homework

Pada kalimat © did adalah auxiliary verb, sedangkan main verbnya adalah do.

Artikel Lainnya

Quantifiers: Much, Many, A lot of, A Few, A little
Kata Kerja "Be" (is, am, are, was, were): Transitive or Intransitive?
At All
Ini Lho! Phrasal Verb diawali Huruf H-Z dalam Bahasa Inggris
Paragraf Argumentasi: Pengertian dan Contohnya
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi