Go

Modal

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 07 Oct 16 05:36 UTC
Share :

Modal di dalam kamus cambridge dijelaskan sebagai “a verb, such as 'can', 'might' and 'must', that is used with another verb to express an idea such as possibility that is not expressed by the main verb of a sentence” dalam bahasa Indonesia bisa kita jelaskan bahwa “modal” adalah sebuah kata kerja seperti can, might, dan must yang digunakan bersama kata kerja lain untuk mengungkapkan suatu ide seperti “kemungkinan” yang tidak di jelaskan oleh kata kerja utama pada kalimat tersebut.

Modal di bahasa Inggris terdiri dari can, could, may, might, will, shall, would, should dan must. Pada modal, kata-kata tersebut mengandung makna secara literal, misalnya can berarti dapat atau mampu, may berarti mungkin, will berarti akan, dan seterusnya. Kata-kata tersebut mempunyai fungsi untuk menunjukkan Kemungkinan, peluang, kebutuhan, kewajiban, kebolehan, kemampuan, dan keinginan yang tidak terdapat dalam kata kerja utama. Pada banyak literatur disebut bahwa modal adalah bagian dari auxiliary verb karena berfungsi sebagai kata kerja bantu, yaitu ia selalu berpasangan dengan kata kerja lain. Perbedaanya adalah auxiliary verb yang terdiri dari be, do, dan have tidak memiliki makna literal yang independen, sedangkan modal memiliki arti yang independen, misalnya will berarti akan, must berarti harus, dan sebagainya.

a. I can swim

b. She will go to Bandung

c. You must run

Pada ketiga kalimat tersebut modalnya adalah can, will, dan must. Can menunjukan bahwa subjek mampu atau bisa berenang, will menunjukkan subjek akan melakukan suatu aktivitas dan must menunjukkan keharusan yang wajib dilakukan oleh subjek yaitu berlari. Hal yang wajib perlu diingat adalah modal selalu diikuti kata kerja bentuk pertama tanpa tambahan apapun.

a. She will go to Bandung

b. She wills go to Bandung

c. She will goes to Bandung

d. She will going to Bandung

Modal hanya memiliki tiga bentuk pola.

Berikut ini contoh penggunaan modal dalam bahasa Inggris yang saya sadur dari englishpage.com

Artikel Lainnya

Daftar Kata Kerja yang Boleh Diikuti Gerund dan to Infinitive
Mengenal Jenis-Jenis Tenses Secara Garis Besar
Delexical Verb
Prepositional Phrase
With
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi