Go

Separable Phrasal Verb

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 11 Oct 16 05:54 UTC
Share :

Separable phrasal verb adalah frasa kata kerja yang dapat dipisah oleh objek. Jika sahabat belum tahu apa itu phrasal verb,sahabat bisa baca terlebih dahulu di sini. Singkatnya, phrasal verb adalah gabungan kata yang terdiri dari kata kerja dengan kelas kata yang lain dimana dari gabungan tersebut intinya terdapat pada kata kerja, misalnya turn off. Turn off adalah frasa kata kerja yang terdiri dari kata kerja turn dan preposisi off dimana intinya terdapat pada kata kerja “turn”

Beberapa frasa kata kerja bisa kita pisahkan dengan objek atau istilah di dalam bahasa Inggrisnya kita kenal dengan “separable phrasal verb”. Pemisahan tersebut tidak akan membedakkan makna, misalnya pada frasa kata kerja turn off berikut ini:

a. Please turn off the radio [tolong matikan radio]

b. Please turn the radio off [tolong matikan radio]

Jika kita menggunakan pronoun atau kata ganti seperti me, you, him, her, us, them, it maka kita wajib meletakkan kata ganti tersebut di tengah kalimat, contoh

1. Imam is my friend. I will pick up Imam to the airport.

2. Iman is my friend. I will pick him up to the airport

3. Imam is my friend. I will pick up him to the airport (salah)

Jika sahabat membuka kamus seperti cambridge dan oxford, sahabat dapat mengetahui bahwa phrasal verb tersebut dapat dipisahkan dengan objek atau tidak dengan cara melihat phrasal verb tersebut dipisahkan dengan something/someone, misalnya sahabat akan menemukan di dalam kamus sebagai berikut:

a. Call (something) off

b. Pick (someone) up

c. Turn (someone/something) down

Jika tertulis seperti itu artinya phrasal verb tersebut boleh dipisahkan oleh objek ataupun boleh digabung, seperti pada contoh pick up pada kalimat (1), (2), dan (3).

Bagaimana cara mengetahui bahwa suatu phrasal verb bisa kita sisipi dengan objek? Sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui phrasal verb tersebut bisa dipisahkan oleh objek atau tidak boleh dipisahkan oleh objek. Satu - satunya cara adalah dengan menghapal dan mencoba mempraktikkannya. Berikut ini beberapa phrasal verb yang bisa kita pisahkan dengan objek yang bisa sahabat hapalkan.

Artikel Lainnya

Degree of comparison (Perbandingan)
Older or Elder, Oldest or Eldest?
Bahasa Inggrisnya Membawa: Bring, Take, Carry, Hold, atau Bear?
Pengertian dan contoh Part of Speech
Mengenal perbedaan very, really, too, dan so
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi