Go

Kenapa harus belajar bahasa Jerman?

Ditulis oleh resti widya
Dipublikasikan pada October 12th at 9:29pm
Share :

Belajar bahasa Jerman itu mudah!

Siapa bilang belajar bahasa Jerman itu sulit? Tidak sama sekali, bahasa Jerman adalah bahasa yang unik dan sangat menyenangkan untuk dipelajari. Terlebih lagi jika kita sudah memiliki dasar bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman akan jauh lebih mudah untuk dipelajari. Kata-kata dalam bahasa Jerman mirip atau memiliki banyak kesamaan dengan bahasa Inggris hanya pengucapannya saja yang cukup berbeda, contohnya: ‘come’ dalam bahasa Inggris menjadi ‘kommen’ dalam bahasa Jerman, atau ‘learn’ dalam bahasa Inggris menjadi ‘lernen’ dalam bahasa Jerman, kata lainnya ‘when’ dalam bahasa Jerman menjadi ‘wann’, dan contoh terakhir misalnya ‘is’ menjadi ‘ist’ dalam bahasa Jerman.

Kenapa sih harus belajar Bahasa Jerman?

Bahasa Jerman adalah bahasa dengan penutur terbanyak di Eropa dan merupakan bahasa yang penting dalam komunikasi internasional. Lebih dari 101 juta orang di dunia berbahasa Jerman, dan sekitar 20 juta orang di seluruh dunia mempelajari bahasa Jerman. Di Eropa, bahasa Jerman merupakan bahasa ibu bagi 100 juta orang, tidak hanya di Jerman, tetapi juga di Austria, Swiss, Luxemburg dan Liechtenstein. Hal ini menempatkan bahasa Jerman di antara 12 bahasa paling umum dipakai di dunia atau sekitar 2,1% dari populasi dunia (Goethe Institut Indonesia).

Di Eropa, bahasa Jerman adalah bahasa ibu yang paling luas digunakan. Artinya, kemampuan kita berbahasa Jerman dapat meningkatkan peluang untuk bekerja dan tinggal di Eropa. Tidak hanya itu, Jerman merupakan negara yang mensubsidi biaya pendidikannya sampai ke jenjang tertinggi yaitu S3 (Strata-3) sampai lebih dari 90%. Jadi bisa dibayangkan, jika kita ingin studi di Jerman maka kita tidak harus bayar mahal bahkan di beberapa negara bagian, tidak dipungut biaya kuliah sama sekali alias gratis! Kualitas pendidikan di Jerman dikenal sebagai kualitas terbaik urutan ke-3 di dunia. Jadi dengan kata lain, bahasa Jerman juga bisa membuka pintu gerbang bagi kita untuk dapat memasuki dunia perkuliahan terbaik di dunia. Penguasaan bahasa memberikan pilihan jenjang kuliah yang lebih luas.

Selain bahasa Jerman dapat membuka peluang kita di bidang pendidikan, bahasa Jerman juga cukup penting dalam bidang pariwisata. Indonesia sendiri adalah salah satu tujuan wisata yang populer. Banyak turis dari Jerman, Austria dan Swiss berpergian ke Indonesia. Bagi kita yang memiliki minat untuk bekerja di industri pariwisata, kemampuan bahasa Jerman merupakan investasi yang bagus. Englisch ist ein Muss, Deutsch ist ein Plus. Bahasa Inggris adalah satu keharusan, bahasa Jerman merupakan nilai tambahnya. Kuasai keduanya maka kita akan kuasai dunia.

Artikel Lainnya

Everyone, Everybody, Everything, Everywhere
Bahasa Inggrisnya Membawa: Bring, Take, Carry, Hold, atau Bear?
Linguistik: Aspek, Kala, dan Modalitas di dalam Bahasa
As, Because, Since
That dan Those
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi