Go

Mengenal Bahasa Perancis

Ditulis oleh Linda Fauziah
Dipublikasikan pada October 12th at 9:41pm
Share :

Sedikit mengenal bahasa Perancis!

Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa yang banyak orang pelajari demi menunjang karir ataupun hanya untuk sekedar hobi. Hal ini tidak lain tidak bukan karena bahasa Perancis merupakan salah satu Bahasa Internasional yang digunakan oleh lebih dari 50 negara dan menjadi salah satu bahasa wajib yang digunakan di PBB termasuk Inggris, Mandarin, Rusia, dan Latin.

Negara mana saja yang menggunakan bahasa Perancis? Negara-negara yang menggunakan bahasa ini ada negara "tetangga dekat" seperti negara Belgia, Suiss, Luxembourg, dll. Ada juga "tetangga jauh" yang masuk dalam kumpulan negara Francophone, misalnya negara Mesir dan Algeria. Ada satu lagi tetangga jauh yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa sehari-harinya yaitu suatu kota di negara Kanada, Quebec. Jika kamu ingin pergi ke Kanada tapi gak bisa bahasa Inggris, bahasa Perancis juga bisa membantumu disana karena beberapa kota-kota tetangga seperti Quebe, masyarakatnya menggunakan bahasa Perancis.

Sebagai orang Indonesia yang sedang atau pernah belajar bahasa Perancis dan masih menggunakan bahasa Perancis, sebenarnya belajar bahasa Perancis itu memang tidak mudah, namun banyak hal unik yang akan kita temukan pada bahasa Perancis. Mungkin kita tidak akan terlalu aneh ketika belajar bahasa Inggris apalagi dari segi pengucapannya, namun ketika kita belajar bahasa Perancis, hal pertama yang muncul adalah kita pasti akan tercengang mendengar pengucapannya. Kenapa? Karena penulisan dan pengucapannya benar-benar berbeda. Misalnya, kata "comment" dalam bahasa Inggris dilafalkan /ˈkoment/ yang berarti komentar atau berkomentar, namun dalam bahasa Perancis "comment" dilafalkan menjadi /komong/ dengan arti dan pengucapan yang berbeda.

Hal yang menarik dalam bahasa Perancis adalah bahasa ini akan lebih menarik jika kita gunakan atau ucapkan ketika kita sedang flu. Kenapa? Karena banyak kata yang diucapkan dengan sengau atau disebut vokal sengau. Vokal sengau yaitu bunyi yang dibuat dengan mengeluarkan udara melalui mulut dan hidung tanpa hambatan bibir, lidah atau tenggorokan. Contohnya kata ‘sans’ yang artinya ‘tanpa’ walaupun hanya ada huruf a dan n namun dibaca "ang". IPA (International Phonetic Aphabet) yang menandakan vokal sengau dalam bahasa Perancis ada beberapa misalnya [α] dibaca "ang", [ε] dibaca "eng", [е] dibaca "ong", dan [ə] dibaca "ang".

Bonus ilmu untuk kalian, atau mungkin sekedar info yang menarik jika orang Perancis sebenarnya tidak bisa melafalkan huruf "h" (ha). Huruf "h" dalam bahasa Perancis dibaca "asy", biasanya huruf ini menjadi lebur dengan konsonan sebelumnya atau dengan "artikel" yang menyertainya. Contohnya ‘un homme’ yang artinya seorang laki-laki tidak dibaca " ang hom" tapi "ang nom".

Ada banyak hal yang menarik dalam bahasa Perancis, dalam segi pelafalan kalian harus siap-siap untuk membuat bunyi sengau dan mulut monyong ke depan. Dalam penulisan kalian harus siap dengan tulisan yang cukup ribet. Namun itulah la beauté du francais.

Artikel Lainnya

10 kata tersedih di dalam Bahasa Inggris, No 7 Akan Membuatmu Tercengang!
Each or Every?
Cara Mudah Membuat Kalimat di dalam Bahasa Inggris
Rather dan Quite
Look, See, dan Watch
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi