Go

Because, Because of, Cause, Cos

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 21 Oct 16 02:58 UTC
Share :

A. Because

Because adalah konjungsi/conjunction yang berarti "karena". Karena dia adalah konjungsi/ kata sambung, maka dia menyambungkan dua kalimat atau dua klausa. Dengan kata lain, setelah kata “because” maka wajib diikuti kalimat yang mengandung subjek dan predikat, contoh

1. I can not help you because I will go now

2. Because It’s raining, I don’t go to school

Pada kalimat (a) sebenarnya terdapat dua kalimat, yaitu (1) I can not help you dan (2) I will go now. I can not help you bisa juga kita katakan sebagai klausa independen, sedangkan I will go bisa juga kita sebut sebagai klausa dependen. Kedua klausa tersebut digabung menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan konjungsi because. Dari kedua kalimat tersebut kita bisa melihat bahwa “because” bisa terletak di awal kalimat dan terletak di tengah kalimat.

Baik contoh pada kalimat (a) dan (b), setelah because maka kita menemukan subjek dan predikat, misalnya pada kalimat a, yaitu because I (subjek) will go (predikat) dan pada kalimat (b) because It’s raining (It = subjek, dan is raining= predikat)

B. Because of

Because of adalah preposisi yang memiliki arti sama dengan because, yaitu karena. Akan tetapi, perbedaanya adalah jika because diikuti sebuah klausa yang mengandung subjek dan predikat, sedangkan because of hanya diikuti sebuah frasa yang tidak mengandung subjek dan kalimat. Untuk lebih jelasnya perhatikan kedua contoh di bawah ini:

1. Because of the rain, I don’t go to school

2. The flight was cancelled because of bad weather

Pada kedua kalimat di atas, setelah because of diikuti oleh noun phrase/ frasa kata benda dimana tidak mengandung subjek dan predikat. Dengan kata lain, setelah because of tidak diikuti sebuah klausa/kalimat. Pada kalimat di atas, the rain dan bad weather adalah noun phrase.

C. Cos

Cos dan cos of adalah ragam informal dari because dan because of. Kata ini hanya boleh digunakan dalam percakapan atau penulisan informal seperti teks pesan atau email. Kadang kala orang juga menyebutnya dengan “cause”. Cos bisa diikuti sebuah klausa seperti pada “because” dan cos of hanya diikuti oleh sebuah frasa seperti pada “because of”, contoh:

1. I don’t go to your party cos I have another activity (diikuti klausa)

2.Coz of bad weather, the flight was cancelled (dikuti frasa)

Artikel Lainnya

Apa Arti Just Kidding dan No Kidding
Past Subjunctive
Cara Menggunakan Kata Keep di dalam Bahasa Inggris
Cleft Sentence
Arti dari "I Love You to the Moon and Back"
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi