Go

Verb

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 21 Nov 16 04:13 UTC
Share :

1. Pengertian Verb

Verb adalah kata yang menunjukkan suatu tindakan, kejadian, keadaan, ataupun sikap seperti cook (memasak), read (membaca), write (menulis), happen (terjadi), exist (ada/ hidup), atau agree (setuju), blame (menyalahkan). Verb selalu menunjukkan perbuatan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Ciri- ciri verb yang paling mudah kita amati adalah ia menjadi predikat dalam suatu kalimat, contoh:

  1. She goes to school everyday. (dia berangkat ke sekolah setiap hari)

Goes pada kalimat ini merupakan verb yang menunjukkan suatu tindakan. Selain itu, goes pada kalimat ini juga merupakan suatu predikat kalimat dimana she sebagai subjeknya.

  1. My teacher is very beautiful. (guru saya sangat cantik)

Is adalah kata kerja sekaligus predikat yang menunjukkan keadaan (seorang guru cantik).

  1. He ate Sate yesterday. (dia makan sate kemarin)

Ate adalah kata kerja bentuk past (lampau) dari eat. kata ini termasuk verb untuk menunjukkan suatu tindakan (makan sate).

2. Jenis-jenis verb dalam bahasa Inggris

a. Finite Verb (Kata kerja utama)

Finite verb adalah kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Oleh karena itu, kata kerja ini memiliki subjek dan mampu menjadi kata kerja utama dalam sebuah klausa utama. Finite verb juga mampu menunjukkan waktu terjadinya suatu tindakan dalam sebuah kalimat apakah terjadi di masa lampau, sekarang, atau terjadi di masa yang akan datang. Dengan kata lain, kata kerja ini bentuknya dapat berubah-ubah oleh tense.

b. Nonfinite (kata kerja bukan utama)

Berbeda dengan finite verb, nonfinite verb bukan kata kerja utama. Nonfinite verb membutuhkan kata kerja lainnya dalam sebuah kalimat. Selain itu, nonfinite verb juga tidak terpengaruh oleh tenses, sehingga bentuk kata kerjanya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini.

c. Transitive verbs

Transitive verb adalah kata kerja yang diikuti oleh objek langsung. Objek dapat berupa benda ataupun makhluk hidup, seperti manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Ciri kata kerja transitive adalah dapat diubah menjadi kalimat pasif.

d. Intransitive verbs

Intransitive verbs adalah kata kerja yang tidak memiliki objek secara langsung. Dalam kebanyakan kasus, intransitive verb diikuti oleh kata keterangan (adverb), kata sifat (adjective), pelengkap (complement), atau kata depan (preposisi)

e. Regular verbs

Regular verbs atau biasa dikenal dengan kata kerja beraturan adalah kata kerja yang memiliki bentuk beraturan, yaitu dengan penambahan d atau ed pada bentuk past tense dan past participle.

f. Irregulars verb

Irregular verb atau yang biasa kita kenal dengan kata kerja tidak beraturan adalah kata kerja yang tidak memiliki pola pada perubahan past (kata kerja bentuk 2) dan past participle (kata kerja bentuk 3). Karena tidak memiliki pola yang pasti maka kita wajib menghafalnya.

g. Auxiliary verbs

Auxiliary verbs atau yang biasa kita sebut dengan kata kerja bantu adalah kata kerja yang mempunyai kemampuan untuk memodifikasi makna dari sebuah kata kerja. Kata kerja ini tidak memiliki makna leksikal (makna asal yang sebenarnya) sehingga artinya dapat berubah-ubah.

● If everything goes well, I will be at home today

● My name is Cristiano Ronaldo

● You should study harder

3. Catatan penting

Beberapa kata kerja tertentu tidak dapat ditambahkan dengan imbuhan -ing, seperti pada kalimat continuous tense, contoh:

● My teacher is needing help now (salah)

● My teacher needs help now (benar)

● They are wanting a laptop now (salah)

● They want a laptop now (benar)


References

i Types of verbs. (2013). Retrieved January 29, 2016, from UVU writing center https://www.uvu.edu/writingcenter/docs/handouts/typesofverbs.pdf

ii Verb forms and tenses. (2011). Retrieved from January 29, 2016, from Southeastern writing center, https://www.southeastern.edu/acad_research/programs/writing_center/handouts/pdf_handouts/verbs.pdf

iii Thomas, L. (1993). Beginning syntax. Cambridge: Blackwell.

iv Finite and non-finite verbs. (n.d.). Retrieved from February 1, 2016, from English grammar today, Cambridge dictionaries, http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/finite-and-non-finite-verbs

v Grammar handbook: Regular and irregular verbs. (n.d.). Retrieved from February 1, 2016, from The center for writing studies, http://www.cws.illinois.edu/workshop/writers/irregularverbs/

vi Auxiliary verbs. (n.d.). Retrieved from February 1, 2016, from http://esl.fis.edu/grammar/rules/auxil.htm

Artikel Lainnya

Perbedaan dan Penggunaan A.M. dan P.M. dalam Bahasa Inggris
Apostrophe
Mengenal International Phonetic Alphabet (IPA)
Perbedaan sapaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms dalam Bahasa Inggris
Cara Paling Mudah Membedakan in, on, dan at
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi