Go

Kenapa Ucapan "Selamat" Dalam Bahasa Inggris Berbeda-Beda?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada August 22nd at 9:13am
Share :

Salah satu sahabat dari Belajar Bahasa bertanya di forum belajarbahasa.id dengan pertanyaan seperti ini :

“Ucapan memberi "Selamat" dalam bahasa inggris berbeda-beda seperti Good Morning, Happy Newyear , Happy holiday, Merry Christmas dan lainnya, apakah bisa diganti Merry Christmas menjadi Good Christmas? kalau tidak mengapa?”

Pertanyaan tersebut sangat bagus. Mungkin sebagian dari sahabat ada yang menyadari bahwa ada perbedaan dalam mengucapkan selamat di dalam bahasa Inggris, misalnya dari contoh di atas ada beberapa ucapan selamat seperti “happy holiday” (selamat liburan), “Merry Chistmast” (Selamat natal) atau juga “good morning” (selamat pagi) dan bisa juga saya tambahkan ucapan selamat jika ada keberhasilan, misalnya “congratulation”

Di artikel yang lain saya menjelaskan konsep kolokasi dalam suatu bahasa. Kolokasi adalah penggabungan kata yang hanya bisa dilakukan antara satu kata dengan hanya kata tertentu saja. Untuk pembahasan lebih lengkap tentang kolokasi, sahabat bisa buka artikelnya di sini.

Saya beri contoh kolokasi di dalam bahasa Indonesia seperti “dokter hewan” (padahal bisa saja menggunakan dokter binatang), “taman kanak-kanak” (padahal bisa saja menggunakan taman anak-anak) atau “lampu mati” (mengapa tidak “lampu tewas” atau “lampu meninggal” padahal maknanya sama.), namun ketika kita menggantinya justru akan aneh, misalnya mengucapkan “dokter binatang” bukan “dokter hewan”. Begitu pula dengan ucapan "Merry Christmas" akan aneh jika diucapkan “Good Christmas”. Secara umum “merry”, hanya berpasangan dengan “Christmas” sedangkan “happy” biasanya lebih umum digunakan, misalnya “happy holiday” atau “happy newyear”.

Khusus untuk Christmas, orang-orang di Inggris masih banyak yang mengucapkan “Happy Christmas” bahkan di “Harry Potter” juga menggunakan “Happy Christmas”, sedangkan di Amerika lebih populer "Merry Christmas". Seiring berjalannya waktu, orang-orang Inggris juga banyak yang menggunakan "Merry Christmas", mungkin pengaruh dari novel Charles Dickens dalam novelnya yang berjudul "A Christmas Carol", di mana istilah "Merry Christmast" sering digunakan.

Di bawah ini contoh ucapan selamat di dalam bahasa Inggris.

No. Ucapan Arti
1. Happy New Year Selamat Tahun Baru
2. Happy Birth Day Selamat ulang tahun
3. Congratulation! Selamat!
4. Happy engagement day! Selamat bertunangan!
5. Have a nice day Semoga harimu menyenangkan!
6. Merry Christmas! Selamat Natal!
7. Good morning Selamat pagi
8. Good afternoon Selamat sore
9. Sleep tight Tidur nyenyak
10. Sleep well Tidur nyenyak

Hal yang perlu diperhatikan adalah ada empat jenis ucapan selamat dari contoh-contoh di atas, yaitu (1) ucapan selamat hanya sebagai sapaan/ hanya untuk menyapa, misalnya “good morning” dan “good afternoon” (2) ucapan selamat karena keberhasilan melakukan sesuatu, kita menggunakan “congratulation”, kita juga bisa menggunakan “felicitations!” Atau “Kudos!”. Sahabat bisa baca lebih lengkap kata lain selain “congratulation” artikel di sini. Dan ke (3) ucapan selamat karena adanya suatu perayaan seperti ulang tahun, tahun baru dan sejenisnya, misalnya “Happy New Year” “Happy Birth Day” dan ke (4) adalah ucapan selamat terhadap aktivitas tertentu yang akan dilakukan, misalnya “Have a nice day” dan “have a great vacation”, dan sejenisnya.

Artikel Lainnya

Article (the, a, an)
Perbedaan Assure, Ensure, dan Insure
When or While
습니다 / ㅂ니다 (Membuat Kalimat Formal)
Yes
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi