Go

Apa Arti "Fuck" dan Mengapa di Kamus Tidak Ada?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 18 Jan 17 03:08 UTC
Share :

Saat kita menonton film, kita akan sering menemukan kata fuck di dalam bahasa Inggris. Secara etimologi (asal usul kata) fuck bermakna bercinta atau bersetubuh. Namun di dalam konteks penggunaan, kata fuck bisa mempunyai makna dan fungsi yang berbeda-beda. Kali ini saya akan menjabarkan beberapa fakta menarik tentang kata fuck di dalam bahasa Inggris yang mungkin tidak sahabat sadari.

1. Mitos tentang asal mula kata fuck

Beberapa literatur menyebutkan bahwa fuck sebenarnya adalah sebuah singkatan atau akronim dari beberapa kata, misalnya “Fornication Under Consent of the King,” “Fornication Under Command of the King,” “For Unlawful Carnal Knowledge,” atau beberapa singkatan-singkatan yang lain. Namun hal tersebut tidak ada dasarnya. Literatur seperti cambridge dan oxford dictionary tidak menyebutkan hal tersebut. fuck adalah kata bahasa Inggris lama yang berasal dari bahasa-bahasa Germanic yaitu Ficken (Jerman), Fokken (Belanda), Fukka (Norwegia), dan Fokka (Swedia) yang berarti bercinta, bersetubuh, atau bersenggama.

2. Sadar atau tidak, kata fuck tidak ada di dalam kamus Inggris-Indonesia

Salah satu kamus yang lengkap adalah Kamus Inggris-Indonesia karya John Echols yang berwarna pelangi terbitan Gramedia. Jika sahabat buka, maka kata fuck tidak tertulis di situ (updated edition tahun 2014).

3. Fungsi kata fuck

Meskipun secara etimologi fuck bermakna bercinta atau bersetubuh, tetapi di dalam penggunaanya kata ini bisa menempati beberapa fungsi. Fungsi fuck di dalam bahasa Inggris, misalnya adalah:

3.1. Sebagai umpatan pada diri sendiri, misalnya anda menabrak tempat sampah “fuck!” “asu, asem, juancuk”

3.2. Umpatan marah kepada orang lain “fuck you” “anjing kamu!”

3.3. Sebagai penekan, misalnya suaranya bagus banget atau kalau kata Ahmad Dhani suaramu asu tenan (suara kamu bagus banget) “your voice is fucking good!”

3.4. Untuk mengusir orang “fuck off!”

3.5. Untuk menunjukkan kita tidak peduli “I don’t give a fuck” (gue gak peduli, masa bodo!)

3.6. Untuk mendeskripsikan orang yang menyebalkan “he is a fucking man” (dia pria yang menyebalkan)

3.7. Menanyakan situasi yang seharusnya tidak terjadi “ What the fucking is going on?”

4. Kata fuck tidak akan sahabat temui di pelajaran sekolah

Jenjang pendidikan dari TK, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, sahabat tidak akan menemukan kata fuck di dalam buku pelajaran Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan kata ini termasuk bahasa vulgar yang kasar. Bahkan orang Inggris sendiri menganggap kata fuck adalah kata yang kasar dan tidak pantas diucapkan meskipun kata fuck pada penggunaanya memiliki beberapa fungsi seperti yang saya sebutkan di atas. Hal ini sama dengan kata “juancuk” dari Jawa Timur meskipun bisa digunakan untuk beberapa fungsi, tetapi tetap saja kata tersebut adalah kata yang kasar yang tidak pas diucapkan pada situasi formal.

Artikel Lainnya

Kosakata Yang Berhubungan Dengan Liburan Dan Hari Raya Di Dalam Bahasa Inggris
Noun Clause
Past Perfect Tense
Parts of House
AS
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi