Go

Begini Cara Penggunaan Either yang Benar

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 12 Apr 16 03:45 UTC
Share :

Hai Sahabat, bicara tentang either di dalam bahasa Inggris sering sekali kita temukan kan? Nah masalahnya either bisa berfungsi sebagai kata sifat, kata keterangan, kata hubung, atau kata ganti. Jadi ketika sahabat ingin mengartikan either, sahabat harus tahu lebih dahulu fungsinya sebagai jenis kata apa, apakah sebagai kata sifat, kata keterangan, kata hubung, atau sebagai kata ganti. Mari kita simak urain di bawah ini:

1. either sebagai kata sifat (adjective)

Either sebagai kata sifat bisa berarti "pada masing-masing keduanya" atau "salah satu dari keduanya". Sebagai kata sifat tentunya ciri yang paling mudah kita identifikasikan adalah dia terletak sebelum kata benda, contoh:

  • You may sit at either end of table. (Kamu boleh duduk di salah satu pojok meja, either terletak sebelum kata benda end)
  • There are trees on either side of the river (ada tanaman pada masing-masing kedua sisi sungai, either terletak sebelum kata benda side) 

2. Either sebagai kata ganti (pronoun)

either sebagai kata ganti bisa berarti "salah satu antara keduanya". Cirinya adalah dia berfungsi sebagai subjek atau objek pada kalimat, dengan kata lain bisa dikatakan terletak di awal kalimat atau akhir kalimat, contoh:

  • There are two roads into the town, and you can take either. (ada dua jalan menuju ke kota, dan kamu bisa ambil salah satu dari keduanya, either adalah kata ganti untuk menggantikan two roads)
  • "Would you like the metal or plastic one?" "either will do." (Mau yang besi atau plastik? Salah satu dari keduanya boleh, either sebagai kata ganti untuk the metal dan plastic)

3. Either sebagai kata sambung (conjunction)

either sebagai kata sambung bisa kita gunakan untuk menyambung kalimat dimana di dalamanya terdapat sebuah pilihan, biasanya berpasangan dengan or, contoh:

  • We can either eat now or after the show (kita dapat memilih makan sekarang ata setelah pertunjukan)
  • either you leave now or I call the police (pilih kamu pergi atau saya panggil polisi)

4. Either sebagai kata keterangan (adverb)

either sebagai kata keterangan bisa kita artikan dengan "juga", namun digunakan khusus dalam kalimat negatif, contoh:

  • If you don’t come, I won’t come either. (Jika kamu tidak datang, saya tidak akan datang juga)
  • I don’t study english and my wife doesn’t either. (Saya tidak belajar Bahasa Inggris dan Istriku juga )

Artikel Lainnya

Past Perfect Tense
Elepsis
Was/Were? Ini Dia Cara Penggunaanya Untuk Kalimat Lampau!
Rouse dan Arouse
Ini Dia! Phrasal Verb yang diawali dari Huruf A-G!
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi