Go

Perbedaan Ask, Ask For, Request, dan Order

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 13 Feb 17 04:58 UTC
Share :

Ask, ask for, request, dan order nampaknya memiliki kemiripan ketika digunakan untuk meminta tolong seseorang. Tanpa panjang lebar mari kita bahas perbedaan antara ask, ask for, request, dan order di dalam bahasa Inggris.

1. Ask

Ask berarti “menanyakkan” atau “bertanya”, Cambridge menjelaskan kata ask dengan “to put a question to someone, or to asked an answer from someone” yang artinya kurang lebih adalah “untuk bertanya kepada seseorang, atau untuk meminta jawaban dari seseorang”

a. She asked me about the history of PKI.

b. Did you ask the price?

c. Can I ask a question?

Kadangkala kita juga menggunakan ask + to infinitive yang berarti bertanya atau menanyakan seseorang sekaligus meminta seseorang untuk melakukan hal tersebut, misalnya

a. I asked to see the manager

b. I have asked my wife to stay at the hotel.

c. We asked the president to decrease the tax.

2. Ask for

Ask for berarti “meminta, memohon”. Cambridge menjelaskan ask for dengan “If you ask for something, it means that you want someone to give you something” yang artinya kurang lebih “jika kamu meminta sesuatu, hal itu berarti kamu menginginkan seseorang untuk memberi kamu sesuatu” jadi ask for digunakan ketika kita meminta tolong seseorang untuk memberikan sesuatu seperti yang kamu tanyakan. Jadi disini. ask for bukan sekedar pertanyaan saja, ,melainkan memerlukan tindakan atas apa yang menjadi pertanyaan/permintaan tersebut. Untuk lebih jelasnya simak penjelasnnya di dalam contoh di bawah ini:

a. she always ask for extra chess on her burger.

b. You should ask your teacher for help.

c. He asked for more time to read the contract.

3. Request

request diterjemahkan dengan “meminta, memohon”. Cambridge menjelaskanya dengan “to ask for something politely or officially” yang artinya kurang lebih “meminta sesuatu dengan sopan atau resmi”. Dari penjelasan ini kita bisa mengetahui bahwa request bersinonim dengan ask for di atas. Perbedaanya adalah request digunakan dalam situasi formal karena lebih sopan dibandingkan dengan ask for. Perhatikan contoh kalimatnya di bawah ini:

a. She requested some information from my company.

b. I request a Go-Jek for 8 a.m.

c. I always request extra ketchup for my fries.

4. Order

Khusus order, umumnya lebih sering digunakan untuk memesan makanan atau minuman hingga barang tersebut sampai ke tujuan Anda. Namun jika itu order digunakan dalam situasi formal yang digunakan sebuah institusi atu perusahaan, maka order memiliki arti perintah yang harus dikerjakan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa contoh berikut ini

A. berarti memesan

a. I order a big kebab.

.b. I can’t order this stuff via apps

B. berarti perintah

a. He ordered me to leave his room

b. The government has ordered an investigation into the corruption

Artikel Lainnya

Elepsis
According to
Neither
Perbedaan Penggunaan Hear dan Listen
Enough
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi