Go

Cleft Sentence

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 16 Mar 17 23:26 UTC
Share :

1. Pengertian

Cleft sentence adalah sebuah pola kalimat yang digunakan untuk menitikberatkan salah satu elemen pembicaraan dari kalimat tersebut. Dari asal usul katanya “cleft” berarti terbelah dan “sentence” adalah kalimat. Jadi cleft sentence adalah kalimat yang terbelah. Mengapa kalimat ini terbelah? Hal ini disebabkan karena tujuan dari kalimat tipe seperti ini adalah untuk menitikberatan fokus tertentu pada kalimat. Sehingga kita bisa memfokuskan pada salah satu informasi yang penting tersebut. Pola kalimat ini lebih sering digunakan pada percakapan dibanding pada ragam tulis. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

I invented the non-explosive petrol in 2017. (Saya menemukan bahan bakar anti meledak tahun 2017)

Kalimat di atas adalah kalimat biasa yang tidak ada penitikberatan. Kita dapat mengubah kalimat tersebut dengan cara yang berbeda tergantung pada bagian mana kita ingin menitikberatkannya.

It was I who/that invented the non-explosive petrol in 2017. (Adalah saya yang menemukan bahan bakar anti meledak tahun 2017.)

It was the non-explosive petrol which/that/(-) I invented in 2017. (itu adalah bahan bakar anti meledak yang saya temukan tahun 2017.)

It was 2017 when I invented the non-explosive petrol. (Adalah tahun 2017 ketika saya menemukan bahan bakar anti meledak.)

Dari 1 kalimat di awal, kita bisa merubahnya ke dalam 3 bentuk dimana masing-masing bentuk memiliki titik fokus yang berbeda. Kalimat yang dicetak tebal adalah fokus utama dari pembicaraan. Ke tiga contoh kalimat tersebut itulah yang kita sebut dengan Cleft sentence.

2. Pola kalimat Cleft Sentence

Setidaknya ada dua pola kalimat di dalam cleft sentence. Dua pola kalimat tersebut adalah (1)It-cleft sentence dan (2) Wh-cleft sentence. Baik kedua pola tersebut, informasi terpenting di dalam kalimat adalah bagian dari independent clause; klausa utama yang bisa berdiri sendiri sebagai kalimat tanpa hadirnya klausa lainnya.

2.1 It-cleft sentence

Pola It-cleft sentence terdiri dari sebuah klausa It diikuti klausa wh. Klausa it memiliki peranan sebagai klausa independen. Sedangkan klausa wh (that, which, when, dll) adalah sebagai klausa dependen. Informasi yang penting adalah pada pola klausa it. Perhatikan contoh di bawah ini:

a. It was my sister that bought new car. (Itu adalah saudari perempuanku yang membeli mobil baru.)

b. It was the doctor that I met. (Itu adalah dokter yang saya temui.)

c. It was last sunday when my sister married. (Itu adalah minggu kemarin ketika saudari perempuanku menikah)

Kalimat yang dicetak tebal adalah fokus utama dari kalimat tersebut. Sedangkan klausa yang diawali oleh that dan when adalah informasi yang biasa kita dengarkan.

2.2 Wh-cleft sentence

Pola Wh-cleft sentence adalah kebalikan dari it-cleft sentence dimana klausa wh terletak di awal. Pada pola ini fokus utama adalah setelah klausa Wh. Wh bisa berupa what, when, which, dan sebagainya.

a. What we need are actions rather than words. (Apa yang kita butuhkan adalah aksi dibandingkan kata-kata)

b. What I enjoyed most in Bandung was the street food. (Apa yang paling saya nikmati di Bandung adalah makanan nya)

c. What they want is some apples and mangos. (Apa yang mereka inginkan adalah beberapa apel dan mangga.)

Pada pola di atas kata yang dicetak tebal adalah informasi utama. Sehingga klausa Wh hanyalah informasi biasa/standar yang diucapkan seseorang sebelum informasi utama.

Referensi

Cleft Sentence. http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/word-order-and-focus/cleft-sentences-it-was-in-june-we-got-married

Cleft Sentences http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/learnit/learnitv149.shtml

Cleft Sentences http://www.grammaring.com/cleft-sentences

Artikel Lainnya

Perbedaan Fall dan Fall Down
Pengertian Morfem dan Cara Mengidentifikasikannya
Preferences: Prefer, Would Prefer, Would Rather
Prepositional Phrase
Coba Ungkapkan Cintamu dengan Kalimat Bahasa Inggris Ini!
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi