Go

Which, In Which, For Which, Of Which, From Which: Apa Bedanya?

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 29 May 17 05:18 UTC
Share :

Kadangkala di soal kempetesi bahasa Inggris seperti tes Toefl atau tes masuk perguruan tinggi, seperti SIMAK UI, UTUL dan ACEPT UGM, UM Undip, atau SBMPTN terdapat soal relative clause/ adjective clause yang menggunakan kata hubung which. Mungkin sebagian dari sahabat telah mengetahui bahwa which digunakan untuk menjelaskan benda, bukan orang, contohnya:

She gives me a book which is very expensive.

I didn't like the movie which we watched last night.

Pertanyaan muncul adalah kadangkala kita juga menemukan jawaban menggunakan in which, of which, for which, dan bentuk lainnya. Misalnya soal ini:

The death of his son was an experience ....... he never fully recovered.

  1. Which
  2. In which
  3. For which
  4. From which

Manakah jawaban yang tepat dari soal di atas? Cobalah sahabat jawab soal di atas, lalu temukan jawabanya di akhir artikel ini.

Sebenarnya preposisi di depan which adalah preposisi kata kerja yang terdapat pada anak kalimat. Preposisi tersebut berhubungan dengan kata kerja yang bersangkutan dengan objek yang diikuti. Oleh karena itu, sahabat harus tahu betul penggunaan preposisi seperti in, at, of, for , dan yang lainnya. Atau beberapa hal preposisi tersebut sudah menjadi pasangan tetap dari suatu kata kerja. Cara terbaik untuk mengetahui preposisi yang tepat dari contoh soal di atas adalah membuat kalimat tanpa kata hubung. Perhatikan contohnya di bawah ini:

The party ........ he spoke was noisy.

A party is held at a place.

Maka jawabanya adalah at which: The party at which he spoke was noisy.

Perhatikan contoh lainnya:

I love Batur lake ......... the village takes its name

Batur lake takes from its name

Jadi jawabanya adalah from which: I love Batur lake from which the village takes its name

Jadi sebenarnya adanya preposisi in, at, from, of, dan lainnya disesuaikan dengan kata kerja yang bersangkutan dengan objek yang diikuti. Di sini, kemampuan sahabat dalam mengartikan kalimat sangat penting.

Pada beberapa kasus, preposisi kadangkala terletak di akhir kalimat saat digunakan dalam kalimat bahasa Inggris. Kita bisa menggunakannya dengan pola preposisi + which dalam situasiyang lebih formal. Perhatikan contoh yang diberikan oleh Cambridge berikut ini:

There are several small ponds which a variety of fish live in.

There are several small ponds in which a variety of fish live.

Maka jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas The death of his son was an experience ....... he never fully recovered. adalah from which. Bentuk lainnya adalah: The death of his son was an experience which he never fully recovered from.

Artikel Lainnya

Verb
Perhatikan Digabung atau Tidak, Maknanya Beda: anyway - any way, maybe - may be, into - in to, everyone – every one, dll
Perbedaan Between dan Among dalam Bahasa Inggris
Been
Quite
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi