Go

Boleh dan tidak boleh

Ditulis oleh Lita Rizki Fauziah
Dipublikasikan pada August 8th at 11:02pm
Share :

Setelah artikel sebelumnya membahas penulisan __ "bisa"__ dan "tidak bisa" (lihat disini), kini kita akan membahas penggunaan kata yang serupa yaitu __ "boleh"__ dan "tidak boleh" .

Dalam bahasa Korea, kata 돼요 [dwae-yo] yang berarti “boleh” dan 안 돼요 [an dwae-yo] yang berarti “tidak boleh” sendiri umum digunakan sebagai kata kerja yang berdiri sendiri. Namun, perlu diingat bahwa kata kerja tersebut dapat digunakan secara tersendiri jika tidak digabungkan dengan kata kerja lainnya. Jika dibentuk menjadi kalimat lengkap, ada beberapa peraturan khusus yang harus diingat. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Boleh

Untuk membentuk kalimat yang lengkap, bentuk dasar kata “boleh” yaitu 되다 [dwe-da] digabungkan dengan kata 도 [do] yang berarti “juga”.

Rumus: Untuk membentuk kalimat yang lengkap, bentuk dasar kata “boleh” yaitu 되다 [dwe-da] digabungkan dengan kata 도 [do] yang berarti “juga”.

Kalimat Arti
오늘은 가정 사정이 있으니까 일찍 퇴근해도 돼요 [o-neu-reun ga-jeong sa-jeong-i iss-eu-ni-kka il-jjik twe-geun-hae-do dwae-yo] Karena hari ini ada urusan keluarga, (saya) boleh pulang lebih awal
신영 카드로 계산하셔도 됩니다 [shin-yong ka-deu-ro gye-san-ha-syeo-do dwem-ni-da] (Anda) juga bisa membayarnya dengan kartu kredit

2. Tidak Boleh

Untuk kata "tidak boleh", bentuk akhiran kalimatnya adalah (으)면 안 되다 [(eu)myeon an dwe-da]. Dalam kalimat, kata 안 되다 [an dwe-da] yang berarti "tidak boleh" digabungkan dengan partikel (으)면 [(eu)myeon] yang berarti "jika" atau "kalau".

Rumus: Kata kerja dasar (tanpa 다 [da]) berakhiran huruf vokal + 면 안 되다 [myeon an dwe-da] Kata kerja dasar (tanpa 다 [da]) berakhiran huruf konsonan (kecuali ㄹ [ri-eul]) +으면 안 되다 [eu-myeon an dwe-da]

Kalimat Arti
저는 미리 준비 할게 있어서 늦게 출근하면 안 돼요 [jeo-neun mi-ri jun-bi hal-ge iss-eo-seo neut-ge chul-geun-ha-myeon an dwae-yo] Karena harus mempersiapkan sesuatu lebih awal, saya tidak boleh terlambat masuk kerja
그 가게 앞에는 주차하면 안 돼요 [geu ga-ge ap-e-neun ju-cha-ha-myeon an dwae-yo] Tidak boleh parkir di depan toko itu

Meskipun tampak cukup rumit, namun peraturan-peraturan tersebut akan cukup mudah untuk diingat jika kita sering berlatih. Semangat belajar!

Artikel Lainnya

Historic Present: Perbedaanya dengan Present Tense dan Past Tense
Good at atau Good in?
Acuh dan Usah: Fenomena Kata yang Memiliki Makna yang Sama dengan Bentuk Negasinya
Adverbs of Time
Of
©2019 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi