Go

Gerund

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 17 Dec 15 01:52 UTC
Share :

Sebagai bukan penutur bahasa Inggris yang asli, membedakan gerund dan infinitive adalah bukan perkara yang mudah walaupun sebenarnya juga tidak terlampau sulit. Akan tetapi, mengetahui bagaimana penggunaan gerund dan infinitive merupakan hal yang sangat penting bagi kita agar dapat menulis dan memahami makna dengan baik pula. Pada kesempatan pertama ini, kita akan membahas tentang gerund terlebih dahulu. Tanpa panjang lebar lagi, mari kita tengok penjelasan apa itu gerund:

1. Gerund

Gerund adalah kata kerja (verb) yang diubah menjadi kata benda (noun) dengan cara menambahkan akhiran ing pada kata kerja tersebut. Kita ambil contoh misalnya,

I read a novel (saya membaca novel) Reading is a good hobby (membaca adalah hobi yang bagus) Pada kalimat 'I read a novel', read adalah sebagai kata kerja. Jika kita ingin mengatakan membaca adalah hobi yang bagus, maka kita harus mengubah kata read (kata kerja) menjadi kata benda yaitu read + ing = reading. Sedangkan reading pada kalimat 'reading is a good hobby' berfungsi sebagai kata benda untuk menjadi subjek kalimat, bukan sebagai kata kerja.

Gerund bukan hanya timbul di awal kalimat sebagai subjek kalimat, namun ia juga bisa berfungsi sebagai obejak kalimat ataupun sebuah pelengkap kalimat.

1.1 Gerund sebagai subjek

Reading is a good hobby (membaca adalah hobi yang baik) Gardening is my hobby (berkebun adalah hobi saya) Smoking costs a lot of money (merokok menghabiskan banyak biaya) Writing is one of activities that I hate (menulis adalah salah satu aktivitas yang saya benci)

1.2 Gerund sebagai objek

My neighbor admires my drawing (tetangga saya takjub dengan lukisanku) They need your cooking (mereka butuh masakanmu) My favorite occupation is reading a novel (pekerjaan yang menyenangkan bagiku adalah membaca sebuah novel) My father does not like swimming (ayah saya tidak suka berenang) My hobby is fishing (hobi saya memancing)

1.3 Gerund sebagai pelengkap

The best activity on the weekend is reading a novel (aktifitas terbaik di akhir pekan adalah membaca novel) The best of you is the most contributing for people (Hal terbaik dari Anda adalah paling berkontribusi untuk orang lain) The activity that I like is sleeping (Aktifitas yang saya sukai adalah tidur)

Pada pola di bawah ini kita wajib menggunakan gerund, kita harus menghapal pola-pola di bawah ini.

a) Gerund digunakan setelah preposisi

Setelah preposisi ini, maka kita wajib menggunakan gerund:before, by, in, about, after, apart from, instead of, on, without. about, of, from.

I always reading a book before sleeping (saya selalu membaca buku sebelum tidur) The student avoids her teacher by walking on the opposite of the road (siswa itu menghindari gurunya dengan berjalan di seberang jalan) He goes to school after praying duha (dia pergi ke sekolah setelah solat duha)

b) Gerund digunakan setelah kata sifat (adjective) yang diikuti preposisi

Kata sifat juga bisa diikuit gerund, namun dengan penambahan preposisi-preposisi berikut ini: fond of, sorry about, worried about, proud of, crazy about, Afraid of, excited about, famous for, angry about/at, clever at, interested in, disappointed about.

My teacher is interested in visiting the historical place (guru saya tertarik untuk mengunjungi tempat bersejarah) Sinta is clever at finishing math (Sinta pintar dalam menyelesaikan matematika) I am sorry about making a lot of mistakes (saya meminta maaf karena membuat banyak kesalahan)

c) Gerund digunakan setelah kata-kata kerja tertentu

Setelah kata kerja ini maka kita harus menggunakan gerund, yaitu suggest, stop, deny, dislike/like, admit, advise, allow, appreciate, avoid enjoy, fond, understand, miss, reject, consider, prefer, delay, resist, continue, imagine, permit, practice.

Alex delayed confirming his meeting (Alex terlambat mengkonfirmasi pertemuannya) I imagine playing football with Ronaldo and Messi (Saya membayangkan bermain bola dengan Ronaldo dan Messi) Demikian tadi artikel tentang gerund, pada artikel selanjutnya kita akan membahas perbedaanya dengan infinitive.

Artikel Lainnya

Apostrophe
Auxiliary Verb
Perbedaan Antara Serial dan Series
Perbedaan Penggunaan Hear dan Listen
Coba Ungkapkan Cintamu dengan Kalimat Bahasa Inggris Ini!
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi