Go

Was/Were? Ini Dia Cara Penggunaanya Untuk Kalimat Lampau!

Ditulis oleh Aan Setyawan
Dipublikasikan pada 15 Jun 16 05:11 UTC
Share :

Ada sahabat kita yang bertanya di facebook Belajar Bahasa "Bagaimana penggunaan was/were untuk digunakan pada kalimat lampau?"

Was/were adalah tobe yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian/keadaan yang sudah terjadi/lampau. Was digunakan untuk subjek I, He, She, it, Ani, Budi atau benda lain yang jumlahnya satu. Sedangkan were digunakan untuk subjek we, you, they, Joko and Budi, atau benda lain yang jumlahnya lebih dari satu. Lantas bagaimana penggunaanya?

1.Was/were pada kalimat nominal past tense

Kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya bukan kata kerja, tetapi berupa kata benda atau kata sifat. Jadi, setelah was/were diikuti kata sifat atau kata benda bukan diikuti kata kerja, contohnya:

  • She was beautiful (Saat kita mengatakan she was beautiful, artinya dia dulu cantik tetapi bisa jadi sekarang sudah tidak cantik)
  • We were Badminton players last year. (Kami adalah pemain bulu tangkis tahun lalu, saat mengucapkan ini, bisa jadi sekarang sudah bukan pemain bulu tangkis lagi)

2. Was/were digunakan pada kalimat past continuous

Past continuous adalah keadaan yang SEDANG dilakukan pada saat lampau; bisa kemarin, minggu lalu, bulan lalu, atau tahun lalu dan seterusnya, misalnya sahabat kemarin bermain ke rumah teman. Tetapi, teman sahabat tidak ada. Kemudian pada hari ini, sahabat bertanya kepada teman Anda. "Saya kemarin datang ke rumahmu, Tapi kamu tidak ada" Maka sahabat menjawabnya menggunakan past continuous, dengan rumus was/were diikuti kata kerja + ing, misalnya:

  • I was playing badminton with my friend yesterday (saya kemarin sedang bermain badminton dengan teman-temanku)
  • I was reading a book in the library yesterday (saya sedang membaca buku di perpustakaan kemarin)

 

Artikel Lainnya

Fewer VS Less
Gerund
Predicate of Sentence
No Sooner
May dan Might
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi