Go

Days and Months

Ditulis oleh Diah Anggraeni
Dipublikasikan pada 30 Jun 16 02:30 UTC
Share :

Sudah tahu nama-nama hari dan bulan pada bahasa Inggris? Bagus!

Sudah tahu darimana asal penamaan tersebut? Ayo kita mengingatnya kembali dan tahu asal muasal penamaan hari dan bulan!

Nama-Nama Hari

Senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu itu nama-nama hari! Hayo, pasti dinyanyiin ya???

Senin = Monday dibaca /ˈmʌndeɪ/

Selasa = Tuesday dibaca /ˈtjuːzdeɪ/

Rabu = Wednesday dibaca /ˈwenzdeɪ/

Kamis = Thursday dibaca /ˈθɜːzdeɪ/

Jumat = Friday dibaca /ˈfraɪdeɪ/

Sabtu = Saturday dibaca /ˈsætədeɪ/

Minggu = Sunday dibaca /ˈsʌndeɪ/

Fun Facts:

Sabtu dan Minggu menjadi hari libur atau hari tidak bekerja di hampir seluruh negara di dunia. Oleh karena itu, apa sering kamu mendengar "Thanks God it's Friday" atau disingkat TGIF, yap ... kalau di Indonesia maknanya akan sama dengan 'akhirnya besok sabtu juga atau libur juga'. Singkatnya penamaan hari pada bahasa Inggris diambil dari masa Romawi kuno. Sunday (Sun-day) hari penyembahan dewa matahari yaitu Helios, setelahnya Moon's day (Monday) adalah hari penyembahan dewa bulan (Luna). Lalu hari berikutnya adalah Tuesday yang diambil dari Tiw’s day dimana Tiw adalah nama Anglo-Saxon untuk Dewa Mars atau Ares. Setelah itu, wednesday yang berasal dari kata woden’s day dimana woden adalah nama untuk Dewa Merkurius/ Hermes. Tau Hermes kan? bukan merek ya, Hermes adalah dewa perdagangan Romawi kuno. Berikut-nya lagi Thor’s day untuk hari Thursday. Thor sendiri adalah nama Anglo-Saxon untuk Dewa Jupiter, dimana Dewa Jupiter sendiri adalah dewa Petir dan dikenal sebagai Raja para dewa Romawi. Terakhir adalah Freyja’s day (Friday). Freyja adalah nama untuk Dewi Venus atau Aphrodite (dewi kecantikan pada zaman Rowawi kuno). Terakhir adalah saturday diambil dari dewa Saturnus atau Kronos. Sedangkan penamaan hari pada bahasa Indonesia mengikuti penamaan Arab yakni Ahad/Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, dan Sabtu. Penamaan hari pada bahasa Arab sendiri antara lain; ahad, itsnain, tsalatsah, arba’ah, khamsah, sittah, dan sab’ah. Oh iya, penamaan Minggu berasal dari bahasa Portugis yaitu dominggo yang berarti hari Tuhan. Ini didasari oleh kepercayaan umat Kristen yang meyakini kebangkitan Yesus pada hari minggu. Tetapi, keyakinan umat islam sendiri berbeda, sehingga umat islam lebih menyukai menggunakan kata "Ahad" daripada "Minggu".

2. Nama-Nama Bulan

Januari = January dibaca /ˈdʒænjuəri/

Februari = February dibaca /ˈfebruəri/

Maret = March dibaca /mɑːtʃ/

April = April dibaca /ˈeɪprəl/

Mei = May dibaca /meɪ/

Juni = June /dʒuːn/

Juli = July dibaca /dʒʊˈlaɪ/

Agustus = August dibaca /ˈɔːɡəst/

September = September dibaca /sepˈtembər/

Oktober = October dibaca /ɒkˈtəʊbər/

November = November dibaca /nəʊˈvembər/

Desember = December dibaca /dɪˈsembər/

Fun facts:

Tidak ada perbedaan yang jauh ya nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia? Yap perbedaannya hanyalah pada penyebutannya saja yang sedikit berbeda. Untuk asal mula penamaan nama-nama bulan sama halnya pada penamaan hari, keduanya diambil dari masa Romawi kuno.

Januari diambil dari Janus atau Januarius yang berarti awal yang baru, dimana Janus sendiri adalah dewa pintu gerbang. Selanjutya February yang diambil dari kata Februum/ Februalia yaitu masa pensucian atau penebusan dosa. Maret diambil dari Mars atau Martius yaitu dewa perang, April diambil dari kata Apreire (Bahasa Latin) yang artinya ‘buka’ atau mulainya musim semi. May diambil dari nama dewi Maia (Maiestas) yang seorang putri tertua dan tercantik dari dewa Atlas. June diambil dari Juno yang merupakan putri dari dewa Saturnus. July diambil dari Julius Caesar yaitu penguasa kekaisaran Romawi yang pertama (50 - 44 BC). July diambil dari nama Julius Caesar. Tahukan Julius Caesar? Yup, penguasa kekaisaran roma pertama (50 BC - 44 BC). August diambil dari penguasa kekaisaran Romawi ke dua yaitu, Agustus. September diambil dari kata ‘septem’ yang artinya 7, atau bulan ke tujuh. Bersambung, October yang diambil dari kata ‘octo’ atau octa yang artinya 8, atau bulan ke delapan. Berurutan, November yang diambil dari kata ‘novem’ atau ‘novemus’ yang artinya 9. Dan yang terakhir december dari kata ‘decem’ atau ‘decimus’ yang artinya 10, atau bulan ke sepuluh.

Mengapa September, Oktober, November, dan Desember adalah bulan ke 7, 8, 9, 10 ya? Apa itu berarti January adalah bulan ke 11?

Nope, jawabannya tidak! Jadi, sebelum kerajaan Roma berdiri, kalender penandaan bulan pada masa Romawi kuno hanya memiliki 10 bulan dimana Maret adalah bulan pertama, sedangkan bulan Januari dan Februari tidak dimasukan ke dalam kalender. Lalu baru pada masa Raja Roma ke-dua yaitu Numa Pompillus (717 BC), Januari dan Februari ditambahkan di awal kalender Romawi.

Jika dilihat, nama dewa pada zaman Romawi sama dengan nama planet dalam tata surya? Mengapa demikian? Karena astronomi Romawi dan Yunani pada zaman dahulu meyakini bahwa planet yang ada pada tata surya merupakan perwujudan dari dewa-dewi yang mereka yakini.

Itu semua tentang nama-nama hari, bulan, dan musim pada bahasa Inggris. Semoga bermanfaat ….

Artikel Lainnya

Apa Perbedaan Auxiliary dan Modal?
50 Kesalahan Berbahasa Inggris dan Cara Membenarkannya
10 kata tersedih di dalam Bahasa Inggris, No 7 Akan Membuatmu Tercengang!
Perbedaan Return, Come Back, Go Back, Get Back, dan Turn Back
Perbedaan Penggunaan Consider dan Regard
©2017 BelajarBahasa.ID
Developed by Kodelokus Cipta Aplikasi